Telaga Sarangan, Telaga Sejuk di Lereng Gunung Lawu

Telaga Sarangan, Telaga Sejuk di Lereng Gunung Lawu

82 views
0

Telaga Sarangan, juga disebut sebagai Telaga Pasir. Telaga ini merupakan telaga alami yang berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut dan terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga ini berjarak kira-kira 16 kilometer dari kota Magetan. Kawasan wisata ini merupakan andalan bagi kabupaten tersebut. Oleh pemerintah setempat, kawasan ini dihubungkan dengan kawasan wisata Air Terjun Grojogan Sewu.  Dalam proyek tersebut, pemerinta daerah juga membuat daerah yang curam menjadi landai. Kawasan wisata ini memuliki luas sekitar 30 hektar. Begitu tiba di kawasan ini, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hamaran hijau pepohonan yang melambai-lambai, juga air dalam air terjun ini yang sangat bening. Oleh karena air telaga ini begitu bening, maka memantulkan bayangan pegunungan, yang menjadikan pesona tersendiri bagi kawasan wisata ini.

Pada kawasan ini terdapat legenda tentang sepasang suami istri, yang awalnya ingin mempunyai anak, dan setelah dilabulkan, mereka ingin memiliki kesaktian, hingga berniat untuk menenggelamkan Gunung Lawu.  Rencana mereka pun dapat digagalkan oleh semedi sang putra, untuk menyadarkan kedua orang tuanya. Nama pasangan suami istri tersebut adalah Ki danNyi Pasir, yang konon diubah menjadi naga. Konon, kawasan telaga ini masih dijaga oleh dua ekor naga, yang merupakan jelmaan mereka.

Terlepas dari legenda tersebut, kawasan Telaga Serangan merupakan kawasan wisat ayang cukup diminati oleh para wisatawan, baik dalam mau pun luar negeri. Di kawasa nwisata ini, para wisatawan dapat menyewa sebuah becak untuk mengelilingi kawasan wisata ini. Kawasan wisata ini juga disediakan seepdboat dan kuda, Untuk menyewa semua fasilitas tersebut, para wisatawan akan dikenakan biaya sebesar 50.000 per fasilitas per orangnya. Pada kawasan ini, juga terdapat puluhan toko yang menyediakan berbagai macam cendera mata yang dapat dijadikan kenang-kenangan bagi para wisatawan. Di sana juga tersedia banyak pilihan oleh-oleh yang bisa Anda bagikan stelah pulang berwisata. Jenis cendera mata yang sangat popular di kawasan ini adalah kerajinan anyaman, yang dapat berupa tas, topi dan lain sebagainya.

Untuk pecinta kuliner, kawasan ini juga menyediakan tempat yang sanngat nyaman. Masakan yang sangat terkenal di daerah ini adalah sate kelinci. Akan tetapi, bila ada wisatawan yang tidak tega memakannya, maka di kawasan ini juga banyak menyediakn menu andalan lain. Di kawasan ini juga dilengkapi kios-kios yang menjajajkan makanan kecil, sperti jagung bakar. Para wisatawan dapat menikmati jagung tersebut dari punggiran telaga, sambil mneikmati secangkir the atau kopi.

About author