Peserta Batik Birru Luar Biasa

Peserta Batik Birru Luar Biasa

10 views
0

Diantara para pejalan kaki dan beberapa orang yang tengah jogging, ramai pelajar berpakaian SMP berdiri seperti menunggu di sepanjang Jalan KH Ahmad Dahlan Kota Padang Panjang.

Peserta Batik Birru Luar Biasa

Pantas saja, saat itu adalah Hari H lomba olimpiade sains Batik Birru tingkat SMP/MTs yang diadakan oleh SMAN 1 Padang Panjang. Olimpiade Batik Birru tahun ini adalah yang ke delapan kalinya.

Dengan total peserta mencapai 3.090 pelajar, memungkinkan event ini menjadi event dengan jumlah peserta terbesar di Sumatera Barat.

Menurut guru pembimbing, Fitriyansyah bersama ketua panitia, M Faqih Alghifari, pelajar kelas XI IPS SMAN 1 Padang Panjang, Batik Birru tahun ini dibuka untuk 9 cabang lomba.

Diantaranya Matematika, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris, dan IPS, dengan empat cabang non-sains lainnya seperti hafiz Alquran 2 juz, lomba poster, puisi dakwah dan tari kreasi minang.

Dari hasil penyisihan ditetapkan 20 finalis dari setiap cabang yang akan dilombakan lagi. Batik Birru tahun ini menyediakan total hadiah lebih dari 50 Juta rupiah, berupa uang tunai, piala dan sertifikat.

Pertama kali digelar tahun 2011 untuk tingkat SMTP se Sumatra Barat dengan hanya melombakan dua bidang studi, matematika dan bahasa Inggris.

Pesertanya pun dibatasi sekitar 700 orang saja. Seiring berjalannya waktu bidang studi yang diperlombakan bertambah, dan  skopnya diperluas  hingga Sumatra.

 

 

About author