Manfaat Suntik Insulin Bagi Tubuh Penderita Diabetes

Manfaat Suntik Insulin Bagi Tubuh Penderita Diabetes

29 views
0

Insulin adalah hormon yang berfungsi untuk mengubah gula menjadi energi. Insulin berperan penting dalam tubuh untuk mengubah gula (glukosa) dari karbohidrat yang Anda konsumsi menjadi energi dan menyimpan glukosa untuk keperluan di waktu mendatang.

Manfaat Suntik Insulin Bagi Tubuh Penderita Diabetes

Setiap sel pada tubuh memerlukan gula untuk bekerja. Menjaga fungsi insulin sangat penting untuk mengendalikan kadar gula tubuh supaya tidak melonjak terlalu tinggi (hiperglikemia) atau turun terlalu rendah (hipoglikemia). Namun, sel-sel tidak dapat langsung mengubah gula menjadi energi.

Maka dari itu, saat Anda makan dan kadar gula dalam darah Anda meningkat, pankreas memberi sinyal untuk melepaskan insulin ke aliran darah. Hormon insulin membantu sel menyerap glukosa dari aliran darah dengan menempelkan diri ke sel-sel dan memberi sinyal sel untuk menyerap gula.

Insulin juga membantu menyimpan gula di hati (liver) apabila kadar gula darah terlalu sedikit. Ini karena fungsi insulin adalah memastikan kadar gula tetap berada dalam rentang yang normal. Apabila karena beberapa alasan pankreas tidak menghasilkan insulin yang cukup atau sel-sel Anda kebal terhadap insulin, Anda mungkin akan mengalami komplikasi jangka panjang dari hiperglikemia atau hipoglikemia.

Kondisi paling umum dari masalah insulin adalah diabetes. Ada dua jenis diabetes, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Walau kedua tipe diabetes ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi, penyebab dan perkembangan masing-masing kasus berbeda. Tidak selalu jelas tipe diabetes apa yang dimiliki seseorang.

Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun, di mana sistem imun keliru menyerang bagian tubuh yang sehat. Sistem imun salah menargetkan sel-sel beta penghasil insulin pada pankreas hingga pankreas tidak dapat menghasilkan insulin. Diabetes tipe 1 memerlukan suntikan insulin untuk mengompensasi matinya sel-sel beta, sehingga orang-orang dengan diabetes tipe 1 sangat tergantung pada insulin dari dokter.

Diabetes tipe 2, sistem autoimun tidak menyerang sel-sel beta. Namun, diabetes tipe 2 ditandai dengan ketidakmampuan tubuh merespon insulin. Kondisi juga dikenal sebagai resistensi insulin.

Tubuh mengompensasi gangguan ini dengan menghasilkan lebih banyak insulin. Sayangnya, tubuh tidak selalu mampu menghasilkan insulin yang cukup. Pada diabetes tipe 2, sel-sel kebal terhadap insulin. Pasien mungkin perlu mendapatkan suntikan insulin, biasanya untuk alasan-alasan berikut :

1. Perhatikan berat badan Anda. Kelebihan berat badan akan semakin melemahkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Tidak sensitif terhadap insulin berarti insulin tidak akan mengubah glukosa darah menjadi energi. Orang-orang dengan sensitivitas insulin yang rendah sering kali perlu disuntik dengan insulin untuk menghindari lonjakan gula darah.

2. Apabila Anda memiliki resistensi insulin, Anda memerlukan lebih banyak insulin untuk menjaga kadar glukosa darah tetap stabil. Produksi insulin yang berlebihan berarti pankreas bekerja lebih keras. Akibatnya, seiring berjalannya waktu pankreas yang dipaksa kerja keras terus akan berhenti menghasilkan insulin.

3. Pada akhirnya Anda dapat mengalami situasi serupa seperti seseorang dengan diabetes tipe 1, di mana tubuh Anda tidak dapat menghasilkan jumlah insulin yang Anda perlukan untuk menjaga kadar gula darah. Suntikan insulin sangat diperlukan untuk kondisi seperti ini.

About author