Indonesia  Ekspor Mobil dari ke Vietnam

Indonesia Ekspor Mobil dari ke Vietnam

24 views
0

Pemerintah Indonesia dan Vietnam telah bertemu beberapa waktu lalu. Pertemuan itu dilakukan sebagai upaya untuk memperlancar ekspor mobil secara built up dari Indonesia yang selama hampir tiga bulan terhenti.

Selain itu, pemerintah juga telah mematuhi Vietnam dengan membuat sertifikat tipe persetujuan impor jenis kendaraan (VTA) secara lengkap (completely build up / CBU) untuk menyesuaikan dengan peraturan impor yang berlaku di negara tersebut.

Dan hasilnya, menurut Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setyadi, VTA milik Indonesia telah mendapat respon positif dari Vietnam.

“Pada dasarnya, persyaratan VTA yang diperlukan untuk kendaraan ekspor Indonesia ke Vietnam sesuai dengan keinginan Vietnam telah terpenuhi, VTA kami disetujui dan diterima di Vietnam,” kata Budi kepada CNNIndonesia.com, Rabu (21/3).
Dengan persetujuan Vietnam, Indonesia akan dapat melanjutkan ekspor yang sebelumnya berhenti. Tetapi untuk kapan ekspor ulang dilakukan, Budi belum tahu.

“Selanjutnya, diharapkan ekspor ke Vietnam akan bisa pulih normal seperti biasa,” katanya.

Ekspor kendaraan utuh yang telah dilakukan Indonesia telah terhenti sejak awal tahun ini. Diketahui, itu disebabkan karena diberlakukannya peraturan pemerintah No 116/2017 / ND-CP dan Edaran No. 04/2018 / TT-BGTVT atau keputusan tentang persyaratan pembuatan, perakitan dan impor kendaraan bermotor, perdagangan, garansi kendaraan dan layanan pemeliharaan di Vietnam.

Mengutip situs web resmi Kemenhub, pertemuan terakhir dilakukan dengan Wakil Menteri Transportasi Vietnam terkait dengan penerapan peraturan No. 116.
Pihak Indonesia juga memastikan bahwa Indonesia memiliki sertifikat VTA yang dapat memenuhi standar gas buang Euro 4. Itu karena Indonesia sudah memiliki peralatan uji standar Euro 4

Mempelajari VTA Indonesia, Vietnam memberikan informasi tambahan yang diperlukan agar VTA Indonesia diterima dan diimplementasikan di Vietnam.

“Untuk itu, Indonesia dapat menerima informasi tambahan dan segera menyesuaikan sesuai kesepakatan dengan Pemerintah Vietnam,” kata Direktur Fasilitas Transportasi Darat Eddy Gunawan, mengutip situs resmi Kemenhub.

Pemerintah Vietnam mencatat selama 2017 Vietnam mengimpor mobil penumpang jenis CBU dari Indonesia sebanyak 38.832 unit dengan nilai US $ 718 juta. Impor pada 2017 mencapai puncaknya pada Januari dengan total 6,345 unit dan nilai US $ 123,4 juta.
Belakangan, impor mobil penumpang jenis CBU dari Indonesia menurun drastis setelah Keputusan 116/2017 diterbitkan. Akibatnya, mobil penumpang jenis CBU Indonesia yang diimpor oleh Vietnam mencapai titik terendah hanya 592 unit senilai US $ 10,9 juta pada bulan November 2017.

Indonesia dan Vietnam menargetkan perdagangan total antara kedua negara mencapai US $ 10 miliar pada tahun 2020

About author