Mengenal Tanda Atau Gejala Terkena Vertigo

Mengenal Tanda Atau Gejala Terkena Vertigo

19 views
0

Vertigo biasanya dikenal sebagai sakit kepala yang hebat dan terasa berputar. Ketika mengalami vertigo, seseorang bisa merasa sangat pusing hingga tak bisa melakukan apapun. Ada dua jenis vertigo, yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral. Vertigo perifer disebabkan oleh masalah dengan telinga bagian dalam, organ kecil yang berkomunikasi dengan otak untuk mengontrol keseimbangan, dan dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu dan cedera kepala.

Sedangkan vertigo sentral sering disebabkan oleh masalah di wilayah otak yang disebut cerebellum (yang juga mengontrol keseimbangan) atau batang otak, yang mentransmisikan pesan antara cerebellum dan sumsum tulang belakang. Tapi kebanyakan orang tidak sadar bahwa sakit kepala yang ia rasakan adalah gejala vertigo. Bagaimana agar orang lebih sadar akan penyakit ini?

Mengenal Tanda Atau Gejala Terkena Vertigo

Berikut 5 tanda atau gejala seseorang terkena vertigo agar dapat segera mendapatkan penanganan :

1. Perasaan berputar

Pusing tujuh keliling atau pusing dengan perasaan berputar adalah gejala utama dari vertigo. Seolah-olah kamu atau sekelilingmu bergerak, padahal hanya berdiri diam.

2. Seakan ingin pingsan saat bangun

Pernah merasa pusing, mata gelap, dan tidak seimbang setelah bangun dari tempat tidur? Itu bisa jadi gejala dari vertigo. Perasaan mata menjadi gelap diakibatkan oleh nystagmus, yaitu kondisi di mana mata bergerak tak terkendali.

3. Masalah pendengaran

Biasanya orang dengan vertigo mengalami gangguan pendengaran pada tahap awal dan akan hilang dengan sendirinya. Namun jika semakin parah, bisa terjadi meniere (perbedaan tekanan dalam telinga), tinnitus (telinga berdenging) atau labirinitis (adanya infeksi yang berhubungan dengan keseimbangan).

4. Susah menelan

Pasien vertigo biasanya mengalami rasa mual yang cukup menyiksa. Hal ini membuat mereka kesulitan juga untuk menelan.

5. Pingsan

Pingsan atau sinkop juga bisa dialami oleh orang dengan vertigo. Kehilangan kesadaran yang terjadi secara mendadak dan dalam waktu singkat ini disebabkan karena tidak memadainya suplai oksigen dan zat makanan lainnya ke otak, yang biasanya disebabkan oleh berkurangnya aliran darah yang bersifat sementara.

About author