Merawat Luka Caesar Agar Cepat Kering, Inilah Tipsnya!

Merawat Luka Caesar Agar Cepat Kering, Inilah Tipsnya!

67 views
0

Mom, perawatan setelah persalinan baik secara normal maupun ceasar memang butuh kesabaran. Tentu perawatan yang lebih khusus apabila mom melakukan persalinan dengan cara ceasar. Luka akibat ceasar pun butuh perawatan yang ekstra, karena jika tidak mendapatkan perawatan khusus akan membuatnya lama kering dan menyulitkan mom dalam beraktivitas.

Merawat Luka Caesar Agar Cepat Kering, Inilah Tipsnya!

Well, berikut ini adalah 10 cara untuk merawat luka ceasar agar cepat kering sehingga mom dapat beraktivitas seperti biasa. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Istirahat yang cukup, pastikan mom tidak terlalu banyak bergerak. Pulihkan tenaga setelah proses persalinan. Setelah tubuh banyak mengeluarkan darah dan kondisi emosi yang tidak stabil tentu mom membutuhkan istirahat yang tenang.
  2. Meminta bantuan suami atau keluarga untuk menyiapkan kebutuhan mom dan si kecil. Well, pastikan mom kuat sebelum melakukan aktivitas berat.
  3. Gunakan postur tubuh yang baik ketika berdiri atau berjalan. Tahan sedikit perut yang berdekatan dengan bekas sayatan selama mom melakukan gerakan tiba-tiba, seperti bersin, batuk, atau tertawa.
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Penuhi nutrisi dengan baik. Perbanyak konsumsi serat dan cairan untuk mencegah sembelit setelah persalinan.
  5. Jaga kebersihan luka ceasar. Saat mandi, mom dapat membasuhnya menggunakan air dan sedikit sabun, gosok dengan lembut. Setelah selesai, keringkan dengan handuk bersih cukup dengan menepuknya lembut.
  6. Terus berlatih untuk berjalan pelan setiap hari. Hal ini dapat menguatkan kembali otot-otot mom yang melemah setelah kehamilan.
  7. Kompres luka ceasar dengan air hangat karena dapat mengurangi rasa sakit dan membantu menenangkan.
  8. Pastikan mom mengonsumsi obat anti nyeri yang disarankan oleh dokter dan rutin meminumnya.
  9. Selama luka ceasar belum kering pastikan mom selalu menggunakan pakaian yang longgar. Pakaian yang longgar dapat membantu sirkulasi udara agar menyembuhkan luka.
  10. Kenali gejala infeksi pada luka ceasar sehingga saat infeksi terjadi mom dapat melakukan pertolongan pertama.

Mom, demikian 10 hal yang dapat dilakukan saat merawat luka ceasar agar cepat kering. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

About author