Kimchi Jadi Makanan Tersehat Di Dunia, Inilah Alasannya!

Kimchi Jadi Makanan Tersehat Di Dunia, Inilah Alasannya!

25 views
0

Siapa yang tidak kenal dengan kimchi? Makanan kesukaan ‘oppa’ yang sering kita lihat dalam drama korea ini tidak hanya terkenal karena kemunculannya di layar kaca, tetapi juga karena termasuk makanan tersehat di dunia. Kenapa begitu? Yuk kita kenali lebih lanjut sayuran kebanggan Korea ini.

Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang merupakan hasil fermentasi sawi dengan berbagai sayuran dan bumbu. Kimchi masih bersaudara dengan acar, bahkan pickles dan sauerkraut. Bahan utamanya adalah sawi, lobak putih, daun bawang, jahe, bawang putih, dan bubuk cabai. Sayuran segar ini dicampur dan difermentasi, dan hasilnya disebut kimchi.

Kimchi tidak hanya dapat dikonsumsi begitu saja dengan nasi putih hangat, tetapi juga dapat menjadi bahan utama untuk membuat kimchi-jjigae (semur), kimchi-guk (sup), kimchi-jeon (pancake), dan nasi goreng kimchi. Saat ini, kimchi juga banyak digunakan dalam makanan barat, seperti hamburger dan pizza, yang unik dan banyak disukai.

Kimchi Jadi Makanan Tersehat Di Dunia, Inilah Alasannya!

Salah satu yang membuat kimchi unik adalah proses fermentasi kimchi bersifat spontan. Artinya, proses fermentasi kimchi dilakukan tanpa penambahan bakteri melainkan dari bakteri yang terdapat dari sayuran dan bahan pembuat kimchi sendiri. Hal ini terjadi karena bahan-bahan yang digunakan mentah dan tidak disterilkan terlebih dahulu, sehingga bakteri dapat berkembang biak.

Hebatnya lagi, Kimchi mengandung bakteri baik di dalamnya yang dapat membantu sistem pencernaan jadi lebih sehat. Ditambah baru-baru ini aneka studi menyebutkan bahwa dengan rutin mengonsumsi Kimchi ampuh membantu menghentikan bahkan mencegah infeksi jamur di dalam tubuh. Alasan selanjutnya kenapa kimchi jadi salah satu makanan tersehat di dunia ialah dengan adanya kubis yang di fermentasi yang terdapat di Kimchi dipercaya bisa mencegah pertumbuhan kanker lho gengs.

Bukan hanya bisa mencegah kanker, mengonsumsi makanan Kimchi juga ternyata bisa menurunkan kolesterol. Hal ini dibuktikan dengan studi yang dilakukan peneliti Pusan National University, Korea. Kandungan bawang putih di dalam Kimchi dikenal kaya akan selenium dan allicin.

Allicin merupakan salah satu komponen yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini juga yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu, selenium juga memberi manfaat untuk melindungi dinding arteri dari pembentukan plak dan ini juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit yang terkait dengan pembuluh darah.

Sekedar info, di Korea terdapat tradisi yang bernama Kimjang. Kimjang adalah hari dimana semua orang Korea membuat Kimchi dalam jumlah yang banyak pada hari-hari musim dingin. Pembuatan Kimchi juga dilakukan sebelum masuknya musim dingin, yaitu kisaran awal bulan November sampai pertengahan Desember. Hari Kimjang juga menjadi salah satu ajang perkumpulan keluarga, kerabat, tetangga untuk membuat Kimchi bersama.

Wah, pantes aja ya Kimchi jadi salah satu makanan tersehat di dunia.

About author