Ternyata Ini Alasan Bawaslu Hentikan Kasus “Tampang Boyolali”

Ternyata Ini Alasan Bawaslu Hentikan Kasus “Tampang Boyolali”

6 views
0

Jakarta – Laporan terkait kasus “Tampang Boyolali” yang diucapkan oleh Capres koalisi Indonesia Adil Makmur Prabowo Subianto beberapa waktu lalu dihentikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Penghentian laporan tersebut dibenarkan Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo.

Ratna menjelaskan alasan Bawaslu menghentikan kasus ‘tampang Boyolali’ setelah memeriksa pelapor yang diwakili kuasa hukumnya yaitu kapasitas Prabowo saat mengatakan ‘tampang Boyolali’ itu tidak dalam kegiatan berkampanye.

“Pernyataan tampang Boyolali tidak dalam kegiatan kampanye tapi dalam kegiatan peresmian posko pemenangan paslon 02 di Kabupaten Boyolali,” papar anggota Baswalu RI itu.

Dia menerangkan, peserta yang hadir saat peresmian posko pemenangan Prabowo-Sandi itu hanya para pendukungnya. “Peserta yang hadir kader partai pengusung paslon 02,” terangnya.

Oleh karena itu, Bawaslu menyimpulkan ucapan Prabowo tak termasuk bentuk pelanggaran karena disampaikan kepada pendukungnya sendiri.

“Pernyataan tersebut tidak masuk kategori penghinaan dalam kegiatan kampanye,” tegasnya.

Ternyata Ini Alasan Bawaslu Hentikan Kasus "Tampang Boyolali"

Ternyata Ini Alasan Bawaslu Hentikan Kasus “Tampang Boyolali”

Diberitakan sebelumnya, Prabowo Subianto dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) oleh Barisan Advokat Indonesia (BADI) perihal ucapan ‘Tampang Boyolali’. Meski Prabowosudah meminta maaf, BADI menganggap candaan yang dilontarkan capres nomor urut 2 tersebut memiliki unsur SARA.

 

About author

Your email address will not be published. Required fields are marked *