Dahnil : Prabowo-Sandi Akan Bentuk Kementrian Bencana Jika Terpilih

Dahnil : Prabowo-Sandi Akan Bentuk Kementrian Bencana Jika Terpilih

13 views
0

Jakarta – Pasangan Capres Prabowo-Sandi akan membentuk program tersendiri untuk menangani masalah bencana, jika menang pada Pilpres 2019 mendatang. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Dahnil Anzar, Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi. Dahnil juga mengatakan bahwa Prabowo akan membuat Kmentrian yang khusus untuk menangani masalah bencana alam.

“Pak Prabowo ingin mendorong kementerian khusus terkait kebencanaan. Ada contohnya beberapa negara yang terkait dengan ini, Rusia, beberapa negara lain itu terkait dengan kebencanaan. Itu diharapkan.” papar Dahnil.

Dahnil pun menjelaskan “Jadi pada prinsipnya memang kita daerah bencana, daerah yang rapuh terhadap bencana. Tapi dalam penanganan bencana kita selalu menghadapi masalah yang terus berulang. Misalnya BMKG, itu keliru, informasi yang disampaikan juga keliru juga, profesionalisme penanganan pasca bencana itu juga jadi permasalahan, kekuatan penanganan bencana kita di Indonesia hari ini hanya ada pada kekuatan solidaritas masyarakatnya,”

Dahnil : Prabowo-Sandi Akan Bentuk Kementrian Bencana Jika Terpilih

Dahnil : Prabowo-Sandi Akan Bentuk Kementrian Bencana Jika Terpilih

“Anda bayangkan alat mitigasi, early warning system tsunami saja bisa rusak, bisa tidak dibeli, baru kemarin kepala BMKG ngaku dia ngajuin tapi kemudian ditolak, artinya sejak awal tidak peduli dengan ini. Oleh karena itu kemarin Pak Prabowo menitipkan, ini akan menjadi perhatian khusus,” lanjutnya

Selain itu Dahnil membeberkan “Pertama dari sisi anggaran, kebijakan kita akan fokus pada maksimalisasi anggaran kebencanaan. Kedua dari sisi kesadaran kolektif masyarakat, kita akan dorong literasi kebencanaan, jadi ada literasi kebencanaan di tengah masyarakat apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana,”

Dahnil yakin apabila nanti Praabowo-Sandi terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden maka Prabowo akan membuat kebijakan tentang anggaran yang dapat dipeergunakana dalam menanggulangi masalah bencana, dan nantinya juga akan ada pemahaman tentang bencana kepada seluruh masyarakat, sehingga nantinya masyarakat mengerti akan tindakan yang akan dilakukan saat bencana alam terjadi.

About author