Komitmen Prabowo-Sandi Untuk Petani Tembakau Ke Pertanian Lain

Komitmen Prabowo-Sandi Untuk Petani Tembakau Ke Pertanian Lain

9 views
0

Jakarta – Pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno telah memiliki strategi untuk memindahkan usaha petani kecil yang bergelut di tembakau menuju usaha yang baru. Hal tersebut di ungkapkan oleh Netty Prasetiyani selaku Tim Pakar Ekonomi Kerakyatan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi setelah melakukan diskusi Rabu Biru yang berjudul ‘Merdekakan Sektor Kesehatan, Sejahterakan Ekonomi Rakyat’ dan berlokasi di Media Center Prabowo-Sandi, Jl. Sriwijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 13/3/2019.

Dia menilai, jika maksud untuk memindahkan pertanian tembakau ke bidang pertanian lain, agar produk tembakau menurun serta masyarakat Indonesia menjadi semakin sehat. Tetapi, dia tidak mengungkapkan akan menurunkan atau menyetop produk rokok. Tindakan itu menjadi salah satu strategi kesehatan yang di berikan oleh Prabowo-Sandi kepada masyarakat Indonesia.

“(Petani tembakau) Akan dialihkan ke alternatif lain,” ujar Netty.

Dia mengungkapkan, jika pemindahan pertanian tembakau tersebut tidak di jalankan secara langsung yang akan menghentikan para pengusaha tembakau. Namun secara perlahan, terlebih dulu akan mengenalkan usaha lain serta akan di berikan pembinaan.

Komitmen Prabowo-Sandi Untuk Petani Tembakau Ke Pertanian Lain

Komitmen Prabowo-Sandi Untuk Petani Tembakau Ke Pertanian Lain (pojokutama.com)

“Kebijakan itu kan gak boleh drastis, harus bertahap. Dan kemudian berikan alternatif. Ke depan memang tidak akan memberangus tembakau apalagi merumahkan petani tembakau tapi ke depan akan mencoba berikan sebuah usaha alternatif bagi para petani tembakau termasuk usaha-usaha yang bisa mengalihkan rokok tadi,” ungkap dia.

Netty menilai, jika di dalam penerapannya nanti di butuhkan kerjasama antara lembaga pemerinta contohnya Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Desa. Hal tersebut bertujuan untuk meringankan dalam memindahkan usaha baru untuk parapetani tembakau tersebut.

“Tentu ini memerlukan sebuah kerja yang kolaboratif lintas sektoral kalau kemudian kita bicara tentang bagaimana mengentaskan permasalahan petani tembakau yang akan kita giring beralih ke usaha lain. Tembakau tidak diberangus secara langsung, tapi memperkenalkan inkubator bisnis yang lain,” pungkas Tim Pakar Ekonomi Kerakyatan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

About author